Google+

Wideband CDMA (UMTS)

1

September 20, 2007 by Isybel Harto

 

 

 

            UMTS mengajukan proposal dua buah air interface yang dikirimkan kepada ITU (International Telecommunications Union) yang mengusulkan solusi-solusi yang diperlukan dalam IMT-2000 (International Mobile Telephony 2000), dimana keduanya menggunakan Direct Seqence Wideband CDMA (DS-WCDMA). Solusi yang pertama menggunakan FDD (Frequency Division Duplex) dan satu lagi dengan menggunakan TDD (Time Division Duplex). FDD dikembangkan di Eropa dan Amerika sedangkan TDD dikembangkan di Asia.

Perbandingan antara spreading rate (kecepatan chip tiap detik) terhadap user data rate (kecepatan simbol data user tiap detik) dikenal sebagai spreading factor. Hal ini menandakan bahwa semakin tinggi chip rate, maka semakin banyak user yang dapat ditampung. Pengertian lainnya yaitu dalam menentukann jumlah user, semakin tinggi jumlah chip rate, maka semakin tinggi kecepatan data yang diperoleh masing-masing user. Dalam WCDMA, chip rate yang digunakan sebesar 3,84 Mcps.

Dalam hal arsitektur jaringan, UMTS meniru arsitektur jaringan GSM. Kenyataannya, beberapa elemen jaringan yang digunakan dalam GSM, dapat digunakan kembali oleh UMTS dengan melakukan beberapa upgrading. Diantaranya adalah terhadap MSC (Mobile Switching Centre), HLR (Home Location Register), SGSN (Serving GPRS Support Node), dan GGSN (Gateway GPRS Support Node). Akan tetapi, akses radio pada UMTS secara signifikan berbeda dari GSM, GPRS, dan EDGE. Pada UMTS, RAN (Radio Access Network) dikenal sebagai UTRAN (UMTS Terrestrial Radio Access Network). Oleh karena itu, akan ada suatu batasan penggunaan kembali base station dan BSC (Base Station Controllers) pada GSM.

WCDMA merupakan teknologi generasi ketiga (3G) yang berbasis packet service dengan menggunakan standar Direct Sequence Spread Spectrum dan modulasi RF yang digunakan adalah QPSK saat uplink maupun downlink. Standar bandwidth yang dipakai sebesar 5 Mhz yang dapat ditingkatkan sampai dengan 10 Mhz, 15 Mhz, dan 20 Mhz. Sedangkan dukungan mobilitas yang dapat dilayani sampai dengan 120 km/jam. Beberapa hal yang dimiliki oleh teknologi WCDMA ini adalah :

· Mendukung pengiriman data dengan kecepatan tinggi (> 384 kbps pada lingkup area yang lebar dan dapat mencapai 2 Mbps pada daerah indoor/local outdoor coverage)

· Sistem layanan yang fleksibel yang mendukung multiple parallel variable rate services pada tiap-tiap koneksi,

· Akses data-data paket yang efisien,

· Kapasitas inisialisasi yang tinggi dan dukungan terhadap pengembangan teknologi di masa mendatang baik dari segi coverage ataupun kapasitas, seperti penggunaan smart antenna dan advanced receiver structures karena adanya sistem Multi User Detection (MUD),

· Dukungan terhadap handover antar frekuensi untuk pengoperasian dengan struktur sel yang bertingkat,

· Implementasi yang mudah pada terminal dual mode UMTS/GSM baik itu handover diantara UMTS dan GSM,

· Kerahasiaan yang tinggi,

· Dapat diaplikasikan pada lingkungan interferensi yang tinggi,

· Menyediakan kapasitas yang lebih besar daripada sistem FDMA, TDMA, maupun NarrowBand CDMA.

Kelebihan lainnya secara teknis adalah teknologi WCDMA memiliki laju data yang tinggi yang mampu mencapai 5,6 Mbps dan mampu melayani 196 user tiap kanalnya, jauh lebih besar dari teknologi GSM yang hanya mampu menangani 8 user tiap kanalnya.

Advertisements

One thought on “Wideband CDMA (UMTS)

  1. ejlp says:

    Arsitektur jaringan UMTS tidak meniru jaringan GSM tetapi memang dibuat agar jaringan GSM dapat upgrade menjadi arsitektur UMTS (W-CDMA) dengan minimal effort.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Statistic

  • 67,006 hits

Publication

Event

September 2007
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
%d bloggers like this: