Google+

Phone SMS

Leave a comment

September 20, 2007 by Isybel Harto

I. PHONE SMS

Sebuah Teknologi yang memungkinkan pelanggan POTS dapat mengirim dan menerima SMS yang selama ini hanya dikenal pada jaringan seluler. Tentu saja pelanggan harus mempunyai SMTE (Short Message terminal Equipment) pada saluran teleponnya. Pengirim mengirimkan SM (short message) ke SMSC (Short Message Service Centre) dan akan diteruskan ke pelanggan tujuan atau penerima. SMSC bekerja dengan prinsip store and forward. Selain bertukar pesan antar satu pelanggan dengan pelanggan lainnya, pelanggan dapat juga meminta/menerima informasi lainnya yang disediakan oleh penyedia jasa layanan, ESME (External Short Message Entity). Phone SMS dapat diimplementasikan pada pelanggan yang mempunyai fitur CLIP (Calling Line Identification Presentation) ataupun pelanggan yang Non-CLIP. Untuk pelanggan dengan fitur CLIP maka penerimaan pesan dapat dilakukan secara otomatis oleh terminal.Penyampaian pesan keterminal pelanggan menggunakan FSK (Frequency Shift Keying) dan disampaikan pada saat hubungan telah terbentuk.

 

 

II. FITUR CLIP

Fitur CLIP telah dikenal pada jaringan TELKOM sejak tahun 1999. Fitur ini memungkinkan pelanggan mengetahui nomor pemanggil (A number). Fitur ini berguna bagi pemakainya dimana dengan perangkat tambahan atau perangkat yang menyatu pada pesawat telepon dirumah maka pelanggan akan mengetahui siapa yang sedang menghubunginya. Penyampaian informasi A number dari sentral lokal ke terminal pelanggan dilakukan pada saat diantara dua ring (silent period).

Sentral lokal dapat langsung mengontrol kapan harus mengirim informasi nomor A ke pelanggan, karena sentral lokal mengetahui kapan saat ring current berhenti. Dengan kata lain ringing current dan informasi nomor A di sampaikan oleh sentral lokal langsung kepelanggan. Informasi nomor pemanggil ini juga disampaikan ke pelanggan dengan menggunakan FSK.

 

III. Jaringan Akses dan Interface V5.2

Saat ini begitu banyak jenis dan ragam teknologi jaringan akses, diantaranya jaringan akses fiber atau radio. Setiap ada panggilan maka sentral local akan mengirimkan suatu message ke arah jaringan akses sebagai tanda bahwa ada suatu permintaan sambungan kearah pelanggan di jaringan akses tersebut. Dengan adanya penandaan ini maka jaringan akses akan membangkitkan ringing. Ringing current tidak dibangkitkan dari sentral melainkan dari sisi jaringan akses yang melayani langsung saluran pelanggan. Sentral tidak dapat mengontrol kapan saat ringing dan kapan saat berhenti.

Hubungan antara sentral lokal dengan jaringan kases sebagian masih menggunakan pensinyalan proprietary dan ada juga yang menggunakan channel bank.

Interface V5.2 yang juga sering dikenal dengan open interface, menghubungkan antara sentral local dengan jaringan akses. Dengan menggunakan interface ini semua teknologi jaringan akses dapat dihubungkan kesentral lokal dari pabrikan mana saja selama kedua system mempunyai kemampuan interface tersebut.

 

IV. Hubungan antara Phone SMS, Fitur CLIP dan Interface V5.2

Dari uraian diatas dapat terlihat permasalahan yang timbul adalah penyampaian informasi CLIP ke arah pelanggan jika saluran pelanggan dilayani oleh jaringan akses baik fiber ataupun radio dimana sentral lokal tidak dapat mengetahui kapan saat ringing current berhenti sebagai waktu yang tepat untuk menyampaikan informasi nomor pemanggil ke arah pelanggan yg dituju.

Jika informasi ini tidak sampai dengan benar dikarenakan saat menyampaikan informasi nomor pemanggil dilakukan pada saat ringing current diberikan kearah pelanggan, maka fitur CLIP tidak dapat berjalan dengan baik dan sebagai akibatnya untuk layanan Phone SMS, SMTE tidak dapat menjawab secara otomatis.

Untuk itu perlu adanya penyamaan waktu penyampaian ringing kearah pelanggan antara sentral lokal dan jaringan akses, atau ada informasi yang mengakibatkan sentral lokal tahu kapan saat ringing pertama sudah selesai dibangkitkan ke pelanggan, agar penyampaian informasi CLIP dapat dilakukan dengan tepat.

Pada interface V5.2 informasi kapan jaringan akses harus membangkitkan ringing dan kapan selesai serta pemberitahuan ke sentral lokal, dilakukan dengan serangkaian message yang disertai informasi tambahan lainnya.

 

Advertisements
»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Statistic

  • 65,164 hits

Publication

Event

September 2007
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
%d bloggers like this: