Google+

Session Initiation Protocol

1

September 19, 2007 by Isybel Harto

I.SIP (Session Initiation Protocol)

SIP merupakan protokol yang berfungsi dalam pensinyalan dan kontrol pada layer aplikasi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri sebuah sesi untuk berbagai jenis layanan multimedia dengan dua atau lebih partisipan. Pada dasarnya SIP digunakan untuk jenis layanan interaktif multimedia seperti: internet phone, instant messaging, multimedia conference, dan distributed game baik pada jaringan wireless maupun wired . SIP distandarisasi oleh IETF (Internet Engineering Task Force) pada tahun1999 dengan dan menghasilkan RFC 3261 SIP v.2. Untuk melakukan pembangunan sesi hubungan, SIP berfungsi sebagai protokol signaling yang sama dengan berbagai protokol lain seperti Q.931 ataupun ISUP, namun sudah berbasiskan internet.

Protokol yang telah mendukung IPv4 dan IPv6 ini terdiri atas protokol lain seperti RTP (Real-Time Protocol) untuk membawa audio, video dan data yang time-sensitive, RTSP (Real-Time Streaming Protocol) untuk pembangunan dan pengontrol media streaming yang on-demand, MGCP (Media Gateway Control Protocol) dan Megaco (H.248) untuk mengontrol media gateway, SDP (Session Description Protocol) untuk mendeskripsikan sesi multimedia, SAP (Session Announcement Protocol) untuk melakukan sesi multicast, dan TRIP (Telephony Routing over IP) untuk pengalokasian gateway yang terbaik antara PSTN dan internet, dan protokol untuk pengalokasian alamat multicast. Cara kerja SIP sama dengan cara kerja protokol HTTP yaitu dengan metode client-server atau request-response. Berikut ini adalah gambaran letak SIP pada layer OSI, dimana sering disebut dengan SIP stack

df.jpg

Gambar 1. SIP Stack
II Arsitektur SIP

Terdapat empat komponen utama yang ada pada SIP: user agent, registrars, proxy, dan redirect proxy.User Agent dibagi menjadi dua elemen yaitu User Agent Client (UAC) sebagai aplikasi caller yang menginisialisasi dan mengirimkan request SIP, sedangkan User Agent Server (UAS) yang menerima dan memberikan response (accept, redirect atau refuse call) terhadap request yang dikirim. Registrars berfungsi untuk memberikan alamat sesuai dengan domain yang dimiliki (misalkan semua user yang diidentifikasi dengan x@stttelkom.com akan didaftarkan pada registrar stttelkom.com) dan menerima up-date sehubungan dengan lokasi user. Proxy server berada pada layer aplikasi router yang berfungsi untuk menerima request dan mengembalikannya dalam bentuk response. Bagian ini mempunyai informasi yang lengkap tentang lokasi callee. Proxy Server dapat menerima sebuah request INVITE, lalu mengirimkan response INVITE tersebut dalam jumlah lebih dari satu ke berbagai alamat, fitur ini disebut “Forking Proxy “ . Redirect Server berfungsi untuk menerima request, menetukan server hop berikutnya dan mengembalikan alamat server tersebut ke client tanpa men-forward request.

III. Signalling SIP

SIP bekerja berdasarkan pada request-response. Request yang dilakukan hampir mirip dengan alamat e-mail, yang terdiri atas nama, nama host, ditambah parameter nomor contohnya adalah: sip:harto@stttelkom.com atau sip:+62-22-721-2410 :1234@bellmax.com;user=phone untuk memulai sebuah session, caller (UAC) mengirimkan request (INVITE) yang dialamatkan ke user yang akan dipanggil (callee). Caller dan callee diidentifikasi dengan SIP address.

Ketika melakukan sebuah call SIP, pemanggil harus mengetahui terlebih dahulu lokasi dari server yang tepat dan mengirimkan request. Caller dapat langsung menghubungi callee atau tidak langsung melewati rediret server. Field call ID pada header SIP message secara unik mengidentifikasi panggilan. Operasi signalling yang dilakukan oleh SIP dapat disederhanakan menjadi: pengalamatan SIP, menentukan lokasi SIP Server, transaksi SIP, invitasi SIP, menentukan lokasi user, dan mengubah sesi yang tengah dilakukan. Gambar dibawah ini merupakan contoh signalling SIP.

rt.jpg

Gambar 2. Signalling SIPdengan Forky Proxy

Advertisements

One thought on “Session Initiation Protocol

  1. rifqi says:

    bang kalo yang di ims, open ims core, itu kyak mana kerja sip bang? thanks ni bang sebelumnya udah dikasi pencerahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Statistic

  • 65,164 hits

Publication

Event

September 2007
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
%d bloggers like this: