Google+

Mobile WiMAX

7

September 19, 2007 by Isybel Harto

I.Overview Mobile WIMAX

WiMAX merupakan teknologi nirkabel pitalebar yang mendukung akses fixed, nomadic, portable, dan mobile yang disebut juga dengan WBA (Wireless Broadband Access) dan dikenal dengan IEEE 802.16 ataupun ETSI HiperMAN. Akses tersebut digolongkan dalam dua bagian, yaitu WiMAX yang mendukung akses fixed dan nomadic adalah IEEE 802.16-2004 sedangkan WiMAX yang mendukung portability dan mobility adalah IEEE 802.16e. Sebelumnya versi WiMAX ini mengalami pembaharuan, mulai dari versi 802.16a, 802.16b, 802.16c, 802.16d (2004) dan terakhir adalah 802.16e. Mobile WiMAX (IEEE 802.16e) merupakan versi terbaru dari WiMAX 802.16-2004 yang mempunyai kemampuan dalam mengoptimalisasi kanal radio nirkabel yang dinamis serta mendukung untuk handoffs dan roaming.

Standar ini menggunakan Scalable Orthogonal Frequency Division Multiplexing Access (SOFDM), sebagai teknik modulasi multicarrier-nya dengan subkanalisasi. Dengan menggunakan SOFDM, yang menggunakan 256 frekuensi pembawa maka interferensi yang terjadi pada kanalnya akan seminim mungkin dilakukan. Frekuensi yang digunakan adalah 2,5 GHz dan 3,5 GHz. Berikut ini adalah sebuah arsitektur mobile WiMAX

 

wimax_arch
Gambar 1. Arsitektur Jaringan mobile WiMAX

Selain itu versi terbaru dari WiMAX ini mempunyai link margin yang lebih baik, mendukung mobility, kemampuannya dalam area indoor, lebih fleksibel dalam mengatur spektrum sinyal, kemampuannya dalam melayani subscriber pada posisi LoS (Line of Sight) dan Non-LOS (NLoS) serta jangkauan yang lebih luas mencapai 50 km.

 

II. PHY dan MAC Mobile WIMAX

Pada dasarnya Mobile WiMAX berada pada layer PHY (physical) dan layer MAC (Medium Access Control) OSI layer. Pada layer PHY terdapat fitur-fitur: lebar kanal frekuensi yang fleksibel, burst profile yang dapat beradaptasi (fasilitas burst adalah ciri khas dari teknologi broadband), Forwarding Error Correction (FEC), AAS (Advanced Antenna System) untuk menambah range, kapasitas dan kekebalan terhadap interferensi, Dynamic Frequency Selection (DFS) yang juga berfungsi untuk mengurangi interferensi, Space-Time Coding (STC) yang akan meningkatkan performa dalam area-area batas pinggir dari sinyal yang dipancarkan oleh sebuah BTS. Sedangkan pada layer MAC mampu mendukung komunikasi point to multipoint, pengaturan QoS (Quality of Services), pengalokasian multiple access secara TDD (Time Division Duplex) dan FDD (Frequency Division Duplex), mengakomodasi segala macam protokol lain seperti ATM, Ethernet, IP, Media Gateway.

III. Spesifikasi Mobile WiMAX

wimax.jpg

Tabel 1. Spesifikasi Mobile WiMAX (IEEE 802.16e)

Advertisements

7 thoughts on “Mobile WiMAX

  1. alie says:

    kapan wimax bisa jalan di negara kita ya.memeng tidak mudah untuk sesuatu yang untuk menuju yang lebih baik lagi. mari kita terus memulai sesuatu yang baru baru biar kita gak ketinggalan.

  2. alie says:

    wimax emang bagus karene bisa menggantikan jaringan nirkabel dan juga 3g.

  3. aji says:

    numpang link donk

  4. indianajoneshat says:

    katanya wimax kemampuan mobilitynya dibawah selular kenapa yaa ?

    atm overview

  5. Kris says:

    Saya masih awam mengenai WIMAX, bisa bantu untuk mencari info lebih detail kemana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Statistic

  • 65,164 hits

Publication

Event

September 2007
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
%d bloggers like this: